Comments

Siapa Bilang Menjadi Guru Di Usia Muda Itu Menyenangkan? Ini Dia Faktanya!

Menjadi Guru Di Usia Muda Itu Menyenangkan

Menjadi guru adalah salah satu impian dari sebagian besar anak muda. Saat ditanya tentang cita-cita, pasti dengan tegas mereka menjawab ‘aku ingin menjadi guru’. Ada yang bilang menjadi guru itu menyenangkan. Ada pula yang bilang menjadi guru itu membosankan dan ribet. Lalu pernyataan mana yang benar?  Berikut ini fakta-fakta tentang guru muda :
1. Sibuk dengan aktivitasnya
Saat menjadi guru pasti kita akan terlibat dihampir semua kegiatan sekolah, jadi akan sedikit sibuk dan perlu membagi waktu. Mulai dari pendaftaran siswa baru, proses belajar mengajar, workshop pendidikan, menyiapkan ujian, wisata sekolah, penerimaan rapot dll. Dengan kegiatan-kegiatan itu kita akan mendapat banyak pengalaman baru. Walaupun statusnya Guru Tidak Tetap (GTT), tapi kita membutuhkan banyak pengalaman untuk bekal menjadi guru profesional dikemudian hari. Jika kita sibuk untuk kegiatan yang positif dan mendapat pengalaman baru, pasti terasa sangat menyenangkan.
2. Dituntut lebih update informasi
Guru muda diharapkan untuk lebih update informasi. Hal ini bukan tanpa alasan karena dengan mengetahui informasi terbaru akan membuat kita tidak ketinggalan informasi. Kita juga bisa membantu orang lain jika orang lain membutuhkan informasi, sehingga akan terjalin komunikasi yang baik antara kita dengan rekan guru. Selain harus update informasi, kita sebaiknya juga bisa mengoperasikan komputer. Hal ini akan berdampak baik terhadap tugas-tugas kita, sehingga bisa terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Pokoknya dijamin asik lah jika kedua hal tersebut bisa kita lakukan.
3. Mudah emosi
Namanya jiwa muda tentu masih mudah terpancing emosi. Saat ada rekan guru yang tidak suka dengan kehadiran kita pasti terasa tidak nyaman. Jika hal itu terjadi, kita harus pintar menjaga sikap dan mengatur emosi. Usahakan tetap perlakukan mereka dengan baik. Jadikan itu motivasi untuk menjadi guru yang lebih baik lagi. Nah, mendapat motivasi dari suatu kejadian itu adalah hal yang sangat mengesankan.
4. Disuruh kesana kemari
Saat kita diminta untuk menghadiri undangan dinas atau mengantar berkas di suatu tempat jangan merasa ribet yaa.. Ambil saja sisi positifnya karena anak muda harus lebih cekatan. Misalnya saja saat kita disuruh mengantar berkas ke kantor UPTD Pendidikan, kita disana akan banyak bertemu dengan rekan guru bahkan bisa berinteraksi dengan pegawai kantor UPTD Pendidikan. Kita akan mendapat kesempatan mengetahui suasana kantor UPTD Pendidikan yang belum tentu dapat dirasakan oleh guru yang lain. Sangat menyenangkan bukan?
Faktanya menjadi guru di usia muda bukan menyenangkan tetapi sangat menyenangkan. Sebenarnya, setiap profesi ada suka dan dukanya. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan terus belajar. Bersyukurlah kita yang punya kesempatan menjadi guru di usia muda. Karena ilmu dan pengalaman bisa kita dapatkan lebih awal dari teman-teman yang lain. Rasakan dan nikmati saja, semua akan sangat menyenangkan kalau dilakukan dengan ikhlas. Salam semangat guru muda!!!

Oleh: Widya Monikasari (Seorang Guru Sekolah Dasar di KabupatenTulungagung)

Mudah-mudahan artikel ini menjadikan inspirasi bagi calon-calon guru di tanah air yang kita cintai ini, apabila tulisan ini terkesan silakan bagikan pada tombol share media yang tersedia dan jangan lupa like fb jendelasekolah.net.

Baca Juga:



loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA