Comments

Cara Daftar PPG di SIM PKB

Bapak/Ibu Guru diseluruh tanah air yang berbahagia, pada kesempatan ini akan kami bagikan info cara daftar calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) di SIM PKB, info ini kami bagikan dengan harapan bapak/ibu guru tidak ketinggalan informasi terkait pendaftaran PPG, karena guru yang memenuhi syarat otomatis akan di undang melalui layanan SIM PKB.

Cara Daftar Calon Peserta PPGJ melalui SIM PKB

Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan pendataan calon peserta Bagi Guru Dalam Jabatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2017 tentang perubahan peraturan pemerintah no 74 tahun 2008 tentang Guru Pasal 66 ayat 1 yang menyatakan bahwa bagi guru dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan akhir tahun 2015 dan sudah memiliki kualifikasi S-1/D-IV tetapi belum memperoleh sertifikasi Pendidik melalui pendidikan profesi Guru (PPG)

Adapun Syarat- syarat calon peserta Pendidikan Profesi Guru 2017 adalah sebagai berikut:
  1. Guru yang memiliki persyaratan sesuai peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2017 yaitu guru tetap (PNS,CPNS,Honor Daerah,GTY)  yang memiliki kwalifikasi S-1/D-IV
  2. Data Calon Pesrta PPG diambil dari data Dapodik per tanggal 31 Juli 2017. Data tersebut dimasukkan kedalam aplikasi pendataan calon peserta PPG dalam Jabatan.
  3. Guru melakukan konfirmasi kesediaan calon pesrta PPG dalam jabatan melalui situs http://simpkb.id
  4. Guru harus menetapkan bidang studi yang yang akan diikuti dalam PPG
  5. Jadwal pendaftaran dimulai tanggal 1 November 2017 dan berakhir tanggal 20 November 2017
Inilah Yang  Perlu Guru Ketahui Tentang SIM PKB 2017
Cara Daftar Calon Peserta PPG di SIM PKB
Login SIMPKB
  • Jika berhasil login, sistem akan menyeleksi data GTK anda berdasarkan database Dapodik, apakah anda termasuk daftar Nominasi Calon Peserta PPG atau tidak.
Download Tata Kelola Ajuan PPG 2017
Download Surat Verifikasi PPG Daljab 2017 
  • Bagi anda yang masuk kriteria peserta PPG, akan ditampilkan kotak dialog undangan sebagai peserta diklat PPG tersebut.
Undangan Calon Peserta PPG


  • Untuk mengajukan diri sebagai peserta diklat,  klim tombol mendaftar pada kotak dialog tersebut.
  • Pada halaman baru yang muncul, klik tombol mendaftar sekarang.
Klik Tombol Mendaftar Sekarang

  • Lengkapi data ajuan anda pada halaman formulir pendaftaran. pastikan data yang anda isikan sesuai dengan Ijazah anda.
  • Calon peserta PPGJ mengisi form isian dengan menentukan bidang studi yang akan diikut dalamPPGJ 2018 selanjutnya mengunggah ijazah S-1/D-4 dengan format JPEG/J{G/PNG ( ukuran min. 1 KB dan maks. 100 mb)
  •  Cek kembali data yang Anda daftarkan, jika telah sesuai klik DAFTARKAN.
  •        Setelah daftar, selanjutnya akan diverifikassi oleh LPMP untuk ditolak atau diterima  dijadikan peserta seleksi PPGJ 2018
  • Pada kotak dialog yang muncul, klik tombol CETAK BUKTI AJUAN. untuk mencetak surat Ajuan Pendaftaran Peserta PPG Anda.
Cetak Bukti ajuan

  • Selanjutnya, serahkan surat tersebut kepada  LPMP Provinsi setempat untuk dilakukan Verifikasi terhadap ajuan pendaftaran Anda. Berikut contoh surat TANDA BUKTI PENGAJUAN PESERTA PROG. PENDIDIKAN PROFESI GURU Tahun 2017.
  • Setelah diterima sebagai peserta seleksi PPGJ harus mengikuti ujian seleksi (mulai tanggal 25 November, lokasi tempat seleksi akan diinfokan menyusul)

Contoh Tanda Bukti Ajuan Pesrta PPG 2017

  • Terakhir Pantau Terus ajuan anda pada halaman tersebut. Halaman Tersebut dapat anda akses melalui menu Prog. Pendidikan Profesi Guru dari halaman beranda akun SIM PKB. seperti terlihat di bawah
Menu Program PPG di SIM PKB
Demikian Info yang kami bagikan kali ini, apabila info ini berkesan silakan dibagikan melalui tombol share media yang tersedia , terimakasih.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA