Comments

Inilah Yang Perlu Guru Ketahui Tentang PKB 2017


Bapak/Ibu Guru dimana saja saat ini berada, salam bahagia dan sejahtera selalu kami ucapkan. Kali ini kami akan berbagi tentang hal-hal yang perlu diketahui bagi peserta diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Karena banyaknya teman-teman guru yang kurang tahu apa itu PKB, siapa yang wajib mengikuti PKB dan sebagainya. Berawal dari keluhan inilah maka posting ini kami buat yang bersumber dari Buku Saku Guru Pengembangan Profesi berkelanjutan (PKB)
Download Buku Saku PKB (disini)
Download Juknis PKB (disini)
  • APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN? 
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya untuk mengembangkan keterampilan instruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diampu.  Program ini adalah program kelanjutan pasca UKG 2015 yang pada tahun 2016 diklat tersebut dinamakan diklat Guru Pembelajar (GP)
  • SIAPA YANG DAPAT MENGIKUTI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN? 
Guru yang dapat mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah guru  yang:
  1. Profil hasil UKG-nya menunjukkan terdapat 3 (tiga) hingga 10 (sepuluh) kelompok kompetensinya yang nilainya di bawanh KCM (65). Jika Guru tersebut belum melakukan UKG atau telah melakukan UKG dengan mata pelajaran /paket keahlian/ jenjang yang tidak sesuai, maka guru tersebut diwajibkan melakukan tes awal dengan menggunaka sistem UKG (pretest)
  2. Terdaftar  di  dalam  Komunitas  GTK  pada  Sistem  Informasi  Manajemen  (SIM) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
  3. Berada  di  wilayah  yang  tersedia  akses/jaringan  internet  (khusus  untuk  peserta yang  mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda daring dan daring  kombinasi).
  4. Bersedia melaksanakan pembelajaran dengan kemauan dan komitmen yang tinggi. Program  Pengembangan  Keprofesian  Berkelanjutan  mewajibkan  peserta  untuk menyelesaikan setidaknya 2 (dua) kelompok kompetensi yang nilainya paling rendah dalam satu tahun program berjalan dan atau 2 (dua) modul prioritas yang sudah ditentukan dengan  moda  yang  ditentukan  oleh  penyelenggara  Program  Pengembangan  Keprofesian  Berkelanjutan pada kurun waktu 1 (satu) tahun.
  • APA  ITU SIM PKB?  
SIM PKB adalah Sistem Informasi Manajemen yang digunakan pada Program Pengembangan  Keprofesian Berkelanjutan.  SIM  PKB  merupakan  alat  penghasil  informasi  untuk  mengelola  data  dan  sebagai  pusat  pengaturan layanan bagi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.  SIM PKB juga digunakan untuk layanan  pengecekan info PTK/GTK/Info Guru dalam pengecekan berbagai tunjangan termasuk tunjangan Guru Non sertifikasi.
Download Modul PKB SD Kelas Awal dan Kelas Tinggi 2017
Download RPP K 13 Kelas 2 Edisi Revisi 2017

Demikian Info terkait program PKB 2017 yang dapat kami bagikan kali ini, apabila info ini bermanfaat silakan dibagikan pada tombol share media yang tersedia, jangan lupa selalu berkunjung ke blog yang sederhana ini www.jendelasekolah.net, terimakasi

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA