Comments

Cara Cek dan Cetak Rapor PMP 2017

Cara Cek dan Cetak Rapor PMP 2017
Bapak/Ibu guru /operator sekolah dimana saja saat ini berada salam sejahtera  selalu kami ucapkan, kali ini akan kami bagikan info terkait Rapor Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yaitu "Cara Cek dan Cetak Rapor PMP 2017" . Mengapa Rapor Mutu harus dicetak?. Rapor Mutu dicetak  sebagai laporan ke instansi terkait dan juga merupakan dokumen sekolah untuk digunakan sebagi bahan evaluasi diri sekolah. Dengan menelaah rapor mutu sekolah dapat mengetahui kekuranga/kelemahan sehingga akan mempermudah sekolah dalam mengambil kebijakan perbaikan pada tahun tahun berikutnya. 
Namun sebelumnya kami lanjutkan bahasan kali ini alangkah baiknya jika kita membaca kembali Cuplikan surat darai Penjamin Mutu Pendidikan yang ditujukan kepada LPMP, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, SMK di Seluruh Indonesia, Yang kami kutip dari laman http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Adapun pokok suratnya sebagai berikut:
 "Sesuai dengan batas akhir pengiriman tahun 2017 yang telah ditargetkan pada tanggal 20 Oktober 2017, maka dengan ini Pemetaan Mutu Dikdasmen Tahun 2017 dinyatakan selesai. Sebagai bentuk apresiasi bagi wilayah yang telah mengirimkan tepat waktu, Rapor Mutu Pendidikan 2017 ditargetkan akan dapat diakses pada awal Nopember 2017 melalui website PMP sesuai login hak akses masing-masing wilayah."
Catatan yang perlu diperhatikan :
  1. Mengingat beberapa provinsi masih membutuhkan waktu untuk mendorong sekolah dalam mengisi data mutu, maka setelah tanggal 20 Oktober 2017 sekolah masih dapat mengirim datanya ke server pusat.
  2. Bagi yang mengalami kendala dalam pengiriman secara online, telah sediakan menu Pengiriman Offline pada website PMP Dikdasmen dengan catatan menggunakan Aplikasi PMP versi 2.2.002 yang dapat di unduh di laman ini.
  3. Adapun bagi sekolah-sekolah yang baru mengirimkan data paska batas waktu cut-off, maka Rapor Mutu sekolah tersebut dapat diakses secepat-cepatnya pada akhir bulan Desember 2017.
Setelah  kita mencermati isi surat di atas marilah kita lanjutkan tema kita yaitu “Cara Melihat dan Cetak Rapor PMP” ini dikhususkan bagi sekolah/lembaga yang tidak mengalami kendala dalam proses pengiriman data.
Adapun cara melihat dan mencetak rapor PMP sebagi berikut:
2.    Log in dengan Username dan Password ( password Dapodik)
Login PMP  Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah
Setelah Rapor Mutu terbuka kita dapat langsung unduh dalam bentuk file exel dan langsung mencetaknya, Selain itu kita juga dapat mengunduh dengan format lain disamping jaring laba-laba Rapor Mutu yang kita dapatkan.
3.     Kemudian cek rapor Mutu Sekolah anda, langkah selanjutnya  lakukan pengecekan secara seksama dari 8 Standar Capain Mutu yaitu:
a.    Standar Isi
b.    Standar Proses
c.    Standar Penilaian Pendidikan
d.    Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
e.    Standar Sarana dan Prasarana
f.     Standar Pengelolaan Pendidikan
g.    Standar Pembiayaan
4.    Dari hasil pengecekan tersebut secara jelas kita akan mengetahui kekurangan dan kelebihan sekolah kita masing-masing.
Contoh Rapor Mutu responden belum lengkap
Rapor Mutu Responden Belum Lengkap

5.   
Apabila data yang ditampilkan di rapor Mutu tidak sesuai dengan yang di input melalui aplikasi PMP atau mengalami kendala pada saat pengiriman online maka lakukan pengiriman menu Pengiriman Offline pada website PMP Dikdasmen dengan catatan menggunakan Aplikasi PMP versi 2.2.002 yang dapat di unduh di laman ini (cuplikan surat dari PMP di atas)
Setelah klik Pengiriman Offline di atas maka akan muncul seperti gambar di bawah
Pengiriman Data Offline
Catatan: Fitur ini hanya diperuntukan bagi sekolah yang kesulitan melakukan pengiriman data PMP secara online. Tata cara penggunaan pengiriman data PMP offline:
  1. Pastikan semua jenis responden sudah selesai mengisi/lengkap
  2. Tekan tombol 'Kirim Offline' (bukan tombol 'Backup' dan hanya muncul di aplikasi PMP versi 2.2.002) pada aplikasi PMP Anda (pastikan komputer tidak terkoneksi ke internet)
  3. Cari/temukan lokasi file PMP Anda yang baru saja terunduh
  4. Contoh nama file: 20171018131000_1ed54ac4-30d0-45dc-99c1-f95cef07f606_pmp_1arjl2o9vj000.pmp
  5. Buka laman web http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pengiriman/upload
  6. Tarik lalu letakan (drag and drop) file PMP Anda ke dalam kotak yang tersedia
  7. Atau Anda bisa menggunakan tombol berwarna biru untuk memilih file PMP
  8. Tunggu hingga proses upload selesai
  9. Data Anda akan tercatat di progres pengiriman maksimal 2x24 jam
  10. Jika dalam waktu 2x24 jam status sekolah Anda masih belum kirim, silahkan hubungi dinas/LPMP/helpdesk
Baca Juga: 

Demikian Info yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini, jika info ini bermanfaat silakan dibagikan pada tombol share media yang tersedia, jangan lupa jempolnya dan selalu berkunjung di www.jendelasekolah.net sampai jumpa lagi dengan artikel berikutnya terimakasih.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA