Comments

Download RPP K 13 Edisi Revisi 2017

RPP ( Renana Pelaksanaan Pembelajaran ) merupakan sebuah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan dengan rinci dari materi pokok ataupun tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Download RPP K13 Revisi 2017
Menyusun  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran penting dan wajib dilakukan oleh setiap guru. Karena di dalam RPP tersebut memuat tentang tujuan dari pembelajaran yang ingin dicapai, dimana setiap pokok bahasan memiliki tujuan yang berbeda. Tentunya akan berpengaruh terhadap metode, alat peraga, prosedur, dan juga evaluasi pembelajaran yang akan dilakukan. Dengan  membuat RPP guru akan tau materi apa yang akan ia ajarkan untuk siswa-siswinya.

Perbedaan RPP K13 Edisi Revisi  2017 dengan RPP K 13 revisi 2016 sebenarnya tidak terlalu signifikan , perubahan K13 revisi 2017 di titikberatkan  pada peningkatan hubungan atau keterkaitan antara kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD).

Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 revisi 2017, yang harus muncul empat unsur  yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga guru dituntut lebih kreatif dalam membuat RPP tersebut. ( Baca Panduan Menyusu RPP K 13 )

Adapun 4 unsur yang harus diintegrasikan dalam penyusunan RPP K13 Revisi 2017 adalah sebagai berikut:

1.    PPK ( Penguatan Pendidikan Karakter ) dalam pembelajaran terutama 5 karakter, yaitu : religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
2.    Literasi, yaitu : Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
3. 4C (Critical thinking, Creative, Communicative, dan Collaborative)  atau kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, kemampuan berpikir.

-   Critical Thinking  ( Berpikir Kritik ):  Proses konseptualisasi, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi melalui proses berpikir deduktif dan induktif

-       Creativity ( Kreativitas ): Kemampuan mengembangkan solusi, ide, konsep, teori, prosedur, produk. inovasi adalah bentuk kreativitas.

-    Collaboration (Kerjasama): Kemampuan kerjasama dalam kelompok baik tatap muka atau melalui komunikasi dunia maya untuk memecahkan masalah, menyelesaikan konflik, membuat keputusan, dan negosiasi untuk mencapai tujuan tertentu.

-   Communication  (Berkomunikasi): Kemampuan mengemukakan pikiran atau pandangan dan hasil lain dalam bentuk lisan, tulisan, menggunakan it, dan kemampuan mendengar, kemampuan memahami pesan

4.  HOTS   ( Higher Order Thinking Skill ), yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Rencana Pembelajaran  dirancang  interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi pesertadidik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.


Contoh Komponen RPP K13 SD revisi 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan             : SDN........
Kelas/Semester                    : ....................
Tema/Subtema/PB              : ....................
Sub Tema                              : ....................
Pembelajaran                       : ....................
Alokasi Waktu                      : ....................

A.   Kompetensi Inti
B.   Kompetensi Dasar Dan Indikator
C.   Tujuan Pembelajaran
D.   Materi Pembelajaran
E.   Metode Pembelajaran
F.    Media, Alat dan Sumber Belajar
G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
H.   Penilaian


Dowload RPP K13 Revisi 2017 Kelas 1 SD (di sini)
Dowload RPP K13 Revisi 2017 Kelas 2 SD (di sini)
Dowload RPP K13 Revisi 2017 Kelas 3 SD (di sini)


Demikian info yang dapat kami bagikan apabila artikel ini berkesan silakan dibagikan, jangan lupa like fb fanpage jendelasekolah.net, dan selalu berkunjung di blog yang sederhana ini . Komentar, pesan dan kesan selalu saya nantikan demi kemajuan pendidikan di tanah air yang tercinta ini, terimakasih


loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA