Comments

Cara Scan Dokumen Kepegawaian Untuk Kenaikan Pangkat dan Pensiun Otomatis

Bapak/Ibu PNS di seluruh tanah air yang berbahagia kali ini akan kami bagikan Cara Scanning Dokumen Kepegawaian Untuk Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Pensiun BUP yang saat ini sedang gencar-gencarnya disosialisasikan oleh pemerintah dalam hal ini BKN.

Baca Juga:  Cara Cek Profil PNS Terbaru

Simak Vidio Tutorial Scan Dokumen Kepegawaian di Bawah Posting ini!

Sebelum artikel ini kami lanjutkan ada baiknya kita mengetahui dasar dari pelaksanaan Scanning dokumen Kepegawaian yang kita lakukan? Adapun dasarnya adalah Surat Edaran Kepala BKN Nomor : E.26-30/V 70-5/99 tanggal 12 Juni 2017 yang ditujukan kepada Kepala Kepegawaian Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota tentang pelaksanaan Paper-less untuk usulan  kenaikan pangkat PNS TMT 1 Oktober  2017 dan Pensiun BUP sampai dengan TMT Desember 2017, dan selanjutnya dilaksanakan dengan menggunakan sistem aplikasi Paper-less dan perlu diketahui kantor Regional II BKN tidak akan menerima berkas secara manual.

Cara Scanning Dokumen Kepegawaian
Nah apakah paper less itu?, Paper less adalah pengajuan usulan kenaikan pangkat menggunakan dokumen digital dari hasil Scanning / pemindaian berkas-berkas kepegawaian pendukung kenaikan pangkat yang akan dimulai pada pengusulan pangkat periode 1 Oktober 2017. Selanjutnya untuk teknis scanning  masing-masing PNS diharapkan dapat melakukan scanning dokumen secara mandiri untuk selanjutnya dikirim ke pihak-pihak terkait yaitu BKD (dengan menggunakan e-mail atau share media lain yang telah ditentukan)

Dari uraian diatas bisa disimpulkan untuk usul kenaikan pangkat seorang pegawai harus melakukan pemindaian / scanning dokumen kepegawaian masing secara mandiri.
Untuk mempermudah scanning dokumen secara mandiri ikuti tips atau cara berikut:

  • Pertama : Siapkan HP Android

  • Kedua : buka aplikasi Google Plystore untuk mengunduh (download) aplikasi scanner, disarankan aplikasi Camsanner (CS) karena dengan aplikasi ini terbukti mudah sekali digunakan dan ukuranyapun kecil sehingga akan mempermudah proses pengiriman melalui aplikasi telegram dan email  serta tidak memakan banyak kuota. Untuk cara menggunakan seperti nampak pada gambar berikut:

  • Ketiga:  unduh (download) dan selanjutnya install aplikasi Camscanner (CS) tersebut ke HP android anda
Dwonload Aplikasi CS Scanner

  • Keempat: Lakukan pemindaian / scanning dengan menggunakan aplikasi Camscanner (CS) yang telah diinstall dan  dipersiapkan dengan cara memfoto dengan aplikasi Camscanner  tersebut kemudian pilih mode single untuk dokumen yang hanya 1 lembar seperti terlihat pada kotak kecil di kanan bawah gambar yang berwarna hijau. Untuk dokumen yang lebih dari satu lembar pilih mode batch yaitu kotak kecil putih yang ada disebelah kiri kotak hijau. Berikut gambarnya.
Pilih Mode Single

  • Selanjutnya klik tombol foto yang ada ditengah sehingga akan terlihat seperti gambar berikut:




  • Pada gambar diatas tampak terlihat garis putih ditepi kertas yang berguna untuk mengcrop atau memotong atau menggeser tampilan agar menjadi presisi sehingga hasil scan menjadi lebih bagus, kemudian dilanjutkan dengan mengklik gambar centang seperti gambar di atas. selanjutnya nampak seperti gambar di bawah yaitu filter mode auto,original,lighten, dll.
  • Disarankan piilih mode original agar hasil scan seperti asli (seperti pada gambar di bawah):

Pilih Mode Original dan Beri Nama File

  • Kelima : beri nama file tersebut dengan menekan tulusan New Doc (gambar di bawah) sesuai format yang telah ditentukan. Contoh: Sk Kenaikan Pangkat Terakhir format  SK_GOL_NIP / SK_31_197007102005011009


Memberi Nama File Sesuai dengan ketentuan 

  • Selanjutnya akan nampak seperti gambar dibawah, Kemudian klik centang (gambar bawah)


  • Penampakan berikutnya setelah kita klik gambar centang

Hasil Setelah Klik Centang

  • Kemudian dilanjutkan dengan setting dokumen dengan memilih PDF. Setting dengan cara klik  titik tiga dipojok atas (gambar Bawah) selanjutnya klik mode FDF Setting pilih mode PDF page size selanjutnya pilih auto adjust by image size dan terakhir pilih mode American Foolscap (folio) dan jangan lupa klik OKE


Setting Dokumen Dengan PDF Setting

Pilih Mode Auto adjust by image size
Pilih Mode American Foolscape

  • Keenam : Kirimkan hasil scan tersebut melalui fitur share/bagi pada pojok atas (sebelah kanan tulisan pdf) kemudian akan muncul beberapa pilihan seperti gambar dibawah: 


Klik Tombol Share Media

  • Langkah berikutnya klik tulisan PDF file seperti gambar di bawah
Pilih Penyimpanan PDF file

  • Ketujuh:  pilihlah fitur pengiriman yang dianjurkan misal menu gmail (selanjutnya klik ) kemudian akan nampak seperti gambar berikut:
Tombol Share Media (gmail)

  • Selanjutnya ketik kepada email yang akan dituju, kemudian lakukan pengiriman file dengan mengeklik gambar pesawat kertas yang ada di pojok kiri atas (lihat gambar bawah) file akan terkirim ketujuan.
Menuliskan email tujuan Pengiriman file

Baca Juga:
Berikut  Vidio Tutorial Scan Dokumen Kepegawaian dari BKD Tulungagung.



Demikian Artikel yang dapat kami bagikan kali ini mudah-mudahan bermanfaat. Jika artikel ini berkesan silakan bagikan/share pada tombol share media yang tersedia. Dan jangan lupa jempolnya, dan selalu berkunjung ke www. jendelasekolah.net terimakasih atas kunjungan anda. 
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA