Comments

Panduan Input Nilai US/UASBN dan Rapot Dapodik 2017c

Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c yaitu melengkapi versi sebelumnya, yang mana pada versi tersebut ditengarahi ada kesalahan teknis/bugs sehingga mengakibatkan tidak maksimalnya dalam proseh entri nilai Rapor dan nilai US. Dengan demikian pembaruan  Aplikasi  Dapodik  Versi  2017.c  berfokus  pada  pendataan  hasil  evaluasi pendidikan dalam bentuk nialai akhir dari peserta didik. Melengkapi pembaruan versi sebelumnya. Pada versi 2017.c semua satuan pendidikan dapat menggunakan menu nilai (SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB). Terdapat pula beberapa perbaikan dalam rangka menyempurnakan menu nilai untuk digunakan di  satuan pendidikan.
Panduan Input Nilai Dapodik Versi 2917c
Untuk menginput data nilai diperlukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan data bertujuan agar proses  input nilai  tidak mengalami kendala.  Jika persiapan data  tidak dilaksanakan maka akan didapati kendala seperti referensi semester tidak lengkap, data mata evaluasi kosong, tidak ada peserta didik, dan sebagainya. Untuk itu perlu dilakukan langkah awal sebagai persiapan sebagai berikut :

A. Install Updater Aplikasi Dapodik versi 2017.c
Pembaharuan  aplikasi  versi  2017.c  ada  dua  jenis  yaitu melalui  updater/patch    dan pembaruan  online.  Untuk  patch/updater  dapat  diunduh  pada menu  unduhan  pada  laman dapodik dikdasmen (dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/).
Install updater/patch versi 2017.c dapat langsung dilakukan pada semua versi Aplikasi dapodik versi 2017 yang terinstal di komputer ( versi 2017, versi 2017.a, versi 2017.b). Sedangkan pembaruan online mensyaratkan aplikasi yang terinstal harus versi 2017.b

Apabila  tahap  instalasi  sudah  selesai dan aplikasi pada dapodik  sudah menjadi versi 2017.c maka lakukan ke tahap berikutnya yaitu pengecekan kelengkapan menu pada versi  terbaru,  pastikan menu  Nilai  sudah  ada.  Jika  terkendala masalah menu  tidak muncul maka lakukan deep refresh browser dengan menekan Ctrl+F5


Menu Nilai Pada Aplikasi Dapodik Versi 2017c
B. Cara Memunculkan referensi semester pada menu login (6 semester) 
Setelah tahap kelengkapan menu sudah tidak ada masalah maka akan masuk ke tahap selanjutnya. Saat  akan  login  ke  Aplikasi  pastikan  referensi  semester  sudah  tampil 6 semester. 
Lakukan sinkronisasi aplikasi dapodik untuk menampilkan data/referensi agar menjadi 6  semester.  Jika  setelah  singkronisasi  tetapi  semester  tidak muncul maka  silahkan lakukan refresh browser atau tekan ctrl+f5.

Gambar tampilan login setelah sinkronisasi. 
C. Generate Prefill Rapor
Pada  awal  prosedur  entri  data  nilai,  data  prefill  sangat  diperlukan  karena  berfungsi untuk  mengambil  data  rombel,  anggota  rombel,  pembelajaran  di semester sebelumnya, agar proses persiapan input nilai berjalan dengan baik. Untuk  pengambilan  prefill  rapor  gunakan  website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/,

Gambar link prefill 
Terdapat 2 link alternatif untuk unduh prefill rapornya. Tidak boleh menggunakan prefil aplikasi dapodik,  karena prefill nilai  rapor hanya untuk penginputan nilai  rapor. Pilih salah satu link yang tersedia untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Gambar prefil link nilai rapor

Pilih jenjang sesuai sekolah yang akan digunakan dan sesuai dengan aplikasi dapodik saat  ini.  Masukan  username,  password  dan  kode  registrasi  sesuai  dengan  account dapodiknya. Jika tidak bisa melakukan generate prefill silahkan laporkan ke dinas untuk masalah account yang betul. Setelah selesai proses generate maka akan muncul jendela download.
Gambar unduh prefill 

Setelah  muncul  jendela  tampilan  download  silahkan  klik  tombol  (download)  untk mengunduh  prefillnya.  Tunggu  proses  unduh  selesai  dan  pastikan  ukuran  unduhan prefill  tersebut bukan  ( 1 KB  ),  jika muncul ukuran yang unduh 1kb maka dipastikan unduhan gagal, silahkan unduh ulang prefillnya


Pastikan  sudah  betul  unduhan  yang  dilakukan  prefill  unduhan  berextensi  (.rpr),  jika sudah betul maka akan masuk ke tahap selanjutnya, salin prefill nilai rapor yang sudah terunduh ke folder C:\prefill_dapodik.

Setelah di copy ke folder tersebut maka langkah selanjutnya login ke aplikasi dapodik, dan  pilih menu  pengaturan  lalu  akan  terlihat  fitur  Data  Prefill  Rapor.  klik  prefill  rapor  dan  lakukan konfirmasi di prefill rapor.

konfirmasi di prefill rapor

Gambar konfirmasi data prefill rapor 

Muncul  jendela  konfirmasi  data  prefill  rapor.  Di  jendela  tersebut  bapak/ibu  akan konfirmasi  account    seperti  awal  akan  unduh  prefill.  Masukan  kode  registarasi, username dan password. Setelah  selesai klik  tombol masukan data.  Tunggu proses selesai sampai muncul pemberitahuan/informasi registrasi selesai.
Dengan adanya notifikasi  tersebut maka proses konfirmasi data prefill  rapor  sudah selesai dilakukan


D. Periksa Data Pembelajaran pada Semester yang akan diproses entri nilai

Pengisian data nilai berkaitan erat dengan  isian data pembelajaran oleh karena  itu pastikan  terlebih  dahulu  data  pembelajaran di masing masing  rombel  telah  sesuai dengan kurikulum atau kondisi masing masing sekolah. Namun ada beberapa catatan, apabila  pada  semester  tersebut  terdapat  mata  pelajaran  yang  tidak  diajarkan  di semester tersebut, namun termasuk dalam mata evaluasi di Rapor dan US/USBN maka ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.  Sebagai contoh, kita akan mempersiapkan data pembelajaran untuk nilai US/USBN di  jenjang  SMK.  Bila  kurikulum  yang  digunakan  adalah  KTSP,  tambahkan  record pembelajaran  dengan menambahkan Mata  Pelajaran  Bidang  Studi  Tambahan  dan bila  kurikulum  yang  digunakan  adalah  kurikulum  2013  tambahkan  dengan menambahkan Mata Pelajaran Lainnya, kemudian  jjm = 0, No SK = US, sedangkan tanggal menyesuaikan dengan tanggal Nilai tersebut ditentukan.

E. Periksa  Data Anggota Rombel pada Setiap Semester 
Data  nilai  sangat  erat  kaitannya  dengan  data  peserta  didik  yang  terdaftar  sebagai anggota  rombel.  pastikan  jumlah  anggota  rombel  dan  data  peserta  didik  pada semester tersebut sudah sesuai sudah tepat. Perlu  diketahui,  peserta  didik  yang  mutasi/lulus  pada  semester  ini,  masih  dapat diinputkan data nilai nya pada semester sebelumnya. Hal  ini karena pada semester sebelumnya peserta didik tersebut masih aktif terdaftar sebagai anggota rombel.
Contoh:

F. Pengaturan Akun Guru dan Wali Kelas
Pembuatan akun untuk guru dilakukan oleh operator sekolah dengan menginput email dan password pada tab penugasan di tabel guru, pastikan setiap email dan password  masing-masing guru adalah email dan password yang berbeda.

Gambar tambah akun guru 

Login menggunakan  email  dan password  yang  sudah  diinputkan pada  aplikasi dapodik oleh operator :
Halaman  login  aplikasi  dapodikdasmen,  inputkan  username  (email  guru)  dan password lalu pilih periode tahun ajaran yang akan diinputkan data nilai rapor,

Gambar halaman login aplikasi 

Pada beranda aplikasi akan terlihat menu baru yaitu kelompok menu NILAI. Kelompok menu nilai berisi 2 sub menu yaitu menu  RAPOR dan US/USBN. Menu RAPOR memiliki fungsi untuk menginput nilai rapor yang diterbitkan setiap semester. sedangkan menu US/USBN memiliki fungsi untuk menginput nilai US dan USBN dari peserta didik tingkat akhir yang diselenggarakan di semester genap setiap tahun ajaran.

Menu Nilai Rapor  Pada Dapodik 2017c

Pengisian nilai dapat pula dilakukan melalui aplikasi e-rapor. Pada Aplikasi Dapodik versi 2017.c sudah dapat terintergrasi dengan e-rapor SMA Versi 2017. Deskripsi dari setiap pembaruan dan perbaikan akan dibahas bersamaan dengan  penjelasan teknis terkait persiapan data dan cara input nilai pada bab selanjutnya.


Pendataan  nilai  peserta  didik  ditujukan  bagi  satuan  pendidikan  dibawah  DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD yaitu satuan pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Pada periode pendataan tahun 2017 target pendataan nilai US/USBN adalah data nilai US/USBN semester genap tahun ajaran 2016/2017.
Pendataan nilai Rapor memiliki  target yang  cukup banyak yaitu  terkumpulnya data nilai Rapor  semua tingkat kelas pada semester :

Nilai Rapor Yang dientri

Berikut  adalah  tampilan  dari  menu  nilai  Rapor  dan  nilai  US/USBN  pada  Aplikasi Dapodik versi 2017.c


Gambar menu Rapor pada akses operator sekolah


Gambar menu Rapor pada akses guru mata pelajaran
Gambar menu Rapor pada akses wali kelas
Kewenangan input data nilai diberikan kepada guru dan wali kelas. Operator sekolah bertugas sebagai administrator  dimana dapat mengakses pengaturan mata evaluasi serta pengaturan akun agar guru dan wali kelas dapat login ke aplikasi dapodik. 


Dalam rangka menjaring data nilai yang memiliki kualitas baik maka disusun prosedur penggunaan  Aplikasi  Dapodik  Versi  2017.c.  Prosedur  ini  diharapkan  diikuti  oleh sekolah dalam pelaksanaan pendataan nilai peserta didik. kegiatan  yang dilakukan meliputi proses persiapan dan proses input nilai.

Prosedur Pendataan Nilai US/UASBN
gambar prosedur pendataan nilai US/USBN untuk Operator Sekolah



gambar prosedur pendataan nilai US/USBN untuk guru dan wali kelas 

Panduan Pengisian Nilai US/UASBN Download di sini

Demikian  informasi terkait Aplikasi Dapodik 2017c yang berhasil kami bagikan kali ini. Silahkan like fanspagenya Facebook kami dan tetap kunjungisitusdi www.jendelasekolah.net. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.


loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA