Comments

Inilah Dampak dinaikkan KCM Guru Pembelajar terhadap Raport UKG 2017

Jendela Info ~ Bapak dan Ibu guru diseluruh tanah air yang berbahagia, kali ini akan kami bagikan perkembangan Program Guru Pembelajar (GP) 2017. Kabar yang masih  simpang siur terkait  kelanjutan progam Guru Pembelajar 2017, baru-baru ini dikejutkan lagi dengan kabar dinaikkannya Kriteria Capaian Minimal (KCM) UKG, yang mana pada tahun 2015 KCM UKG yaitu 65 pada tahun 2017 ini KCM menjadi 70 sehingga berdampak berubahnya Raport hasil UKG 2015. Nah ini tentu membuat kaget Bapak dan Ibu guru yang melihat rapot UKG mereka telah berubah, padahal tidak terbayang dibenak kita akan perubahan Raport UKG tersebut tentunya.

Apabila Bapak dan Ibu guru ingin cek raport UKG (di sini)
atau di url: https://paspor.gurupembelajar.id
Langkah-langkah Registrasi dan login Guru Pembelajar 

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang dampak dari dinaikkannya KCM tahun 2017 kita akan kembali lihat uraian berikut:

Guru yang telah mengikuti UKG 2015 dibagi dalam empat kelompok besar berdasarkan capaian nilai UKG yang telah diperoleh pada tahun 2015 yang lalu. Pembagian ini didasarkan pada berapa banyak modul/materi yang harus dipelajari oleh masing-masing guru dalam Program Guru Pembelajar yang harus dan wajib diikutinya.
Raport UKG setelah KCM di naikkan

1. Guru dengan 8 sampai 10 modul merah harus mengikuti Program Guru Pembelajar moda Tatap Muka.
2. Guru dengan 6 sampai 7 modul merah harus mengikuti Program Guru Pembelajar moda Kombinasi (Daring kombinasi)
3. Guru dengan 3 sampai 5 modul merah harus mengikuti Program Guru Pembelajar moda Daring.
4. Guru dengan 0 sampai 2 modul merah akan didiklat untuk menjadi Instruktur Nasional dalam Program Guru Pembelajar. Walaupun menjadi instruktur nasional atau mentor.

Dari uraian diatas posisi guru dalam program GP sudah jelas akan mengikuti pelatihan moda sesuai dengan KK yang berwarna merah. Tetapi dengan  dinaikkannya KCM posisi guru jadi tidak jelas, bahkan mungkin banyak juga guru yang bertanya dalam benak mereka terkait program GP tersebut. Apakah Program Guru Pembelajar ini akan terus berlanjut?, Bagaimanakah naksib bagi Bapak / Ibu guru dengan nilai UKG nya baik (0 sampai 2 modul yang merah) bahkan sudah mengikuti diklat Instruktur GP?. 

Untuk Itu dari pada kita hanya bertanya-tanya yang tidak karuan lebih baik marilah kita tingkatkan kompetensi sebagai guru, sehingga kita akan menjadi guru yang hebat guru yang betul-betul guru pembelajar, guru yang kreatif, guru yang inspiratif, guru yang profesional   demi tercapainya Indonesia yang beradap dan berkemajuan.


Demikian  informasi Guru Pembelajar 2017 yang berhasil kami bagikan kali ini. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.jendelasekolah.net. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA