Comments

Tips Sukses Akreditasi Sekolah 2017

Jendela Tips~ Bapak dan Ibu Guru diseluruh tanah air yang berbahagia siapa yang tidak ingin sekolahnya mendapat peringakat akreditasi Baik (B) apalagi unggul (A) saya rasa Bapak dan Ibu guru semua tentu berharap. Semua itu akan menjadi kenyataan apabila kita berusaha dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah. Nah pada kesempatan ini akan kami bagikan sedikit pengalaman meraih sukses akreditasi sekolah, yang mana pengalaman ini kami dapatkan ketika sekolah kami melaksanakan akreditasi tahun 2016 setahun yang lalu. Pangalaman yang kami dapatkan tersebut akan kami bagikan kepada Bapak dan Ibu guru dalam bentuk tips atau cara, dengan harapan tips sederhana ini memberikan gambaran atau petunjuk bagi Bapak dan Ibu guru yang melaksanakan Akreditasi sekolah.


Tips Sukses Akreditasi 2017
Akreditasi Sekolah tahun 2017 telah mengakomodir pelaksanaan Kurikulum 2013 (K 13) hal ini bisa kita lihat dari Instrumen pada perangkat akreditasi 2017, Ada beberapa hal yang berbeda dibanding dengan akreditasi tahun-tahun sebelumnya sehingga mengakibatkan beberapa poin pernyataan pada instrument tersebut berubah juga walaupun pada subtansinya sama, yaitu tetap mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan. Namun demikian hal ini tidak akan menjadikan hambatan ketika Bapak dan Ibu guru membaca tips sederhana ini.

Adapun Tips sukses Akreditasi 2017 sebagai berikut:

1Segera membentuk Tim akreditasi Sekolah 2017
Tim Akreditasi Sekolah dibentuk berdasarkan SK dari kepala sekolah sebagai penanggung jawab kegiatan yang berisi tentang pembagian tugas dan wewenang setiap guru / tenaga kependidikan lainnya untuk melaksanakan tugas dan wewenang pada kegiatan Akreditasi Sekolah di bawah bimbingan Pengawas Sekolah.
SK Tim Akreditasi Sekolah ini sebagai dasar bagi guru/tenaga kependidikan lainnya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab untuk mensukseskan kegiatan Akreditasi sekolah.

SK Tim Akreditasi sekolah (di sini)

2. Pelajarilah Secara Seksama Perangkat Akreditasi 2017
Perangkat Akreditasi 2017 terdiri dari:
a.    SK Kabalitbang
b.    Petunjuk Umum dan Teknis Akreditasi Sekolah/Madrasah 2017
c.    Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah 2017
d.    Petunjuk Umum dan Teknis Akreditasi Sekolah/Madrasah 2017
e.    Petunjuk Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi S/M 2017
f.     Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi Sekolah 2017
g.    Tehnik Penskoran Akreditasi Sekolah/Madrasah 2017

Perangkat Akreditasi Sekolah (di sini)

3Segera lakukan Infentarisir terkait 8 Standar Nasional Pendidikan
Guru yang ditunjuk sebagai koordinator secepatnya melaksanakan tugas dengan tim yang telah terbentuk, lakukan infentarisir mulai tiga tahun terakir catat semua kekurangan yang harus dilengkapi. Dalam pelaksanaan akreditasi Sekolah setiap guru / tenaga kependidikan yang ditunjuk berdasar SK bertanggung jawab atas suksesnya tiap standar yang memjadi tanggung jawabnya.

4Lakukan Kerjasama yang kompak dalam tim tersebut (baik antar koordinator, guru dan tenaga kependidikan yang lain). Tim Akreditasi dibentuk untuk mensukseskan akreditasi sekolah, lakukan kerjasama saling bantu membantu antara guru, tenaga kependidikan, antara koordinator tiap standar, tanyakan apabila ada kesulitan ke tim narasumber atau Pengawas Sekolah sebagai pembimbing kegiatan ini.

5. Segeralah mulai melengkapi administrasi atau kelengkapan yang lain dari yang sederhana sampai yang komplek mencakup 8 Standar Nasional Pendidikan yang telah diinfentarisir tersebut.
Untuk guru :
Perangkat pembelajaran terdiri atas:
1)  Program tahunan dan program semester
2)  Silabus
3)  RPP
4)  Buku guru dan buku siswa
5)  Alat evaluasi dan buku nilai (Sikap spiritual siswa diamati dan dicatat
guru kelas dan guru mata pelajaran). Sesuai petunjuk teknis Akreditasi S/M 2017
selengkapnya dijuknis akreditasi 2017

6. Jangan segan-segan meminta bantuan kepada mereka yang berkompeten
Antara lain:
a.    Pihak Sekolah yang sukses melaksanankan Akreditasi
b.    Pengawas Sekolah
c.    Narasumber Akreditasi Sekolah/Madrasah

     7. Lakukan Motifasi kepada Tim Akreditasi Sekolah Anda
Kepala Sekolah harus senantiasa memberi dorongan kepada siapa saja yang terlibat dalam kegiatan akreditasi sekolah (guru dan tenaga pendidikan lainnya) agar mereka bekerja sengan penuh semangat dan ikhlas bahkan bila perlu pemberian apresiasi.

Baca Juga:

Cara menggunakan Aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah (SisPenA S/M 2017)

Demikian  informasi terkini terkait Akreditasi Sekolah/Madrasah 2017 yang berhasil kami share kali ini. Silahkan like fanspage facebook kami dan tetap kunjungi situs kami di www.jendelasekolah.net. Kami senantiasa memberikan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat. Jika berkesan dengan info ni silakan bagikan pada link yang tersedia terimakasih.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA