Comments

Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK 2017

Bapak dan Ibu Guru yang berbahagia, pada kesempatan ini kami bagikan Perangkat akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK tahun 2017 dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M 2017) dengan harapan informasi ini bisa membantu kelancaran sekolah Bapak  dan Ibu guru yang sedang  melaksanakan akreditasi tahun ini.

Akreditasi Sekolah/Madrasah  Sesuai dengan amanat Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem  Pendidikan Nasional, dalam pasal 60 ayat (1) akreditasi dilakukan untuk  menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan  formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan;  ayat (2) akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh Pemerintah  dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik;  ayat (3) akreditasi dilakukan atas dasar kriteria yang bersifat terbuka

Perangkat Akreditasi Sekolah 2017

Instrumen Perangkat Akreditasi SD/MI  2017 diterbitkan berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No : 002/H/AK/ 2017 tertanggal 10 Maret 2017, Perangkat Akreditasi SMP/MTs  diterbitkan berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No : 003/H/AK/ 2017 tertanggal 10 Maret 2017, Perangkat akreditasi  SMA/MA  diterbitkan berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No : 004/H/AK/ 2017 tertanggal 10 Maret 2017, dan untuk perangkat Akreditasi  SMAK  diterbitkan berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No : 004/H/AK/ 2017 tertanggal 10 Maret 2017

Adapun Instrumen Akreditasi sekolah/madrasah ini terdiri atas delapan komponen  standar nasional pendidikan yang disusun oleh BSNP (Badan Standar Nasional  Pendidikan) dan instrumen juga disusun dengan mengacu pada peraturan terkait  lainnya. Standar nasional pendidikan tersebut meliputi:  (1). standar isi, (2). standar proses, (3). standar kompetensi lulusan, (4). standar pendidik dan tenaga kependidikan, (5). standar sarana dan prasarana, (6). standar pengelolaan, (7). standar pembiayaan, dan (8). standar penilaian pendidikan.

Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK  terdiri atas:
(1) Instrumen Akreditasi,
(2) Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi,
(3) Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi, dan
(4) Pedoman Penskoran dan Pemeringkatan Hasil  Akreditasi

Akreditasi Sekolah/Madrasah 2017 telah mengakomodir pelaksanaan Kurikulum 2013.sehingga terdapat perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya walaupun pada subtansinya tetap sama. Akreditasi Sekolah/Madrasah tahun 2017 terdiri dari 8 komponen Standar  Pendidikan yang terdiri dari 119 butir pernyataan pada  jenjang SD/MI, sementara akreditasi Sekolah / Madrasah pada jenjang SD/MI tahun 2016  dari 8 Komponen Standar Nasional Pendidikan terdapat 157 butir pernyataan. Jadi terdapat penguranagn jumlah instrument sebanyak 38 butir pernyataan. Tetapi bukan berarti standarnya diturunkan, melainkan hanya poin instrumennya yang dikurangi atau diringkas.

Gambar perbedaan Isi Instrumen Akreditasi 2016 dengan 2017

Isi Instrumen Akreditasi SD/MI 2016
Isi Instrumen Akreditasi SD/MI 2017

~Download Perangkat Akreditasi SD/MI 2017 [di sini]
~Download Perangkat Akreditasi SMP/MTs 2017 [di sini]
~Download Perangkat Akreditasi SMA/MA 2017 [di sini]
~Download Perangkat Akreditasi SMK  2017 [di sini]

Demikian  informasi terkini terkait Akreditasi Sekolah/Madrasah 2017 yang berhasil kami share kali ini. Silahkan like fanspage facebook kami dan tetap kunjungi situs kami di www.jendelasekolah.net. Kami senantiasa memberikan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat. Jika berkesan dengan info ni silakan bagikan pada link yang tersedia terimakasih.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA