Comments

Contoh Soal UTN PLPG 2017 dan Pembahasannya

Pelaksanaan  UKG Ulang I / UTN Ulang 1 tanggal 25 s.d 29 April 2017, sedangkan  sertifikasi guru dengan pola PLPG tahun 2017 akan dimulai bulan Mei 2017. Dengan demikian bagi Bapak dan Ibu  peserta UKG Ulang I dan calon peserta PLPG 2017 sebaiknya segera bersiap-siap, salah satunya yaitu dengan belajar soal-soal prediksi PLPG ataupun soal-soal yang berhasil dikumpulkan oleh rekan guru peserta PLPG tahun-tahun sebelumnya. Melalui belajar yang rutin dan sungguh-sungguh maka keberhasilan niscaya akan anda dapatkan.

Contoh Soal UTN UKG 2017

Soal UTN PLPG terdiri dari 100 soal pilihan ganda dan tipe soal dengan   tingkat kesulitan yang tinggi. Berdasarkan informasi dari teman yang melaksanakan PLPG 2016  bahwa dari 100 butir soal tidak ada yang bersifat ingatan, semuanya  bersifat pemahaman dengan soal rata-rata menggunakan  kalimat yang panjang-panjang. Untuk itu mempelajari soal-sola dengan tekun adalah salah satunya cara agar terbiasa dengan tipe-tipe soal bermacam-macam.

Contoh Soal
Dalam pembelajaran membantu permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan kecuali … 
a. Metode kupas rangkai suku kata 
b. Metode Global 
c. Metode SAS 
d.Metode Eja
Jawaban d 

Pembahasan 
Beberapa metode pembelajaran menulis awal diantaranya… 

  1. Metode Abjad/Alfabet. Mula-mula guru memperkenalkan huruf (abjad) kepada siswa: a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z. Selain yang dipasang di papan tulis, masing-masing huruf tadi juga perlu ditulis dalam sebuah kartu (satu huruf satu kartu) 
  2. Metode Suara. Metode suara juga disebut :”Phonic Method”. Metode ini merupakan penyempurnaan metode alphabet. Pada metode ini bukan abjadnya yang di ajarkan, melainkan bunyi-bunyi bahasa sebagai pengganti huruf-huruf tersebut.Ucapan huruf-huruf tidak berdasarkan atas bunyi abjadnya melainkan ucapan hurufnya. 
  3. Metode Kupas-Rangkai Suku Kata. Berbeda dari metode abjad di atas, metode kupas-rangkai suku kata ini dimulai dengan pengenalan kata terlebih dahulu. Misalnya: mama. Kita perlu juga menjelaskan arti kata mama itu kepada siswa agar mereka mendapatkan makna dari apa yang dipelajari 
  4. Metode Cerita. Pelaksanaan metode cerita dalam mengajarkan membaca permulaan diawali dengan menghafalkan cerita atau sebuah puisi. Cerita atau puisi itu diuraikan atas kalimat-kalimtnya sampai pada kata-katanya. Dalam mengucapkan kata0kata metode ini menggunakan kata-kata fonetik. 
  5. Metode Global. Menurut Teori Gestalt, suatu kesatuan lebih bermakna daripada bagian-bagian. Metode global dimulai dengan mengenalkan kalimat utuh kepada siswa. Contohnya: ibu makan nasi, disertai gambar, anak membaca tulisan tersebut, baru guru menjelaskan huruf-huruf yang dirangkai membentuk suku kata, kata, dan kalimat. 
  6. Metode SAS — Struktural Analisa Sintesa. Metode SAS dilaksanakan dengan menggunakan kartu kalimat dan papan flanel. Mula-mula guru menunjukkan gambar kepada siswa (jika benda asli bisa dihadirkan tentunya lebih baik jika benda asli ditunjukkan terlebih dahulu) Dalam soal diatas ada metode eja, metode eja adalah metode dalam menulis bukan dalam membaca. 

Bapak dan Ibu guru sebagai bahan latihan menghadapi UTN PLPG 2017 berkut kami ini kami bagikan contoh soal-soal PLPG 2017 semuanya gratis, silakan download pada link berikut :

[DOWNLOAD] Soal, Kunci Jawaban dan Pembahasan UTN
[DOWNLOAD] Soal, Kunci Jawaban dan Pembahasan UTN/UKG SD 
[DOWNLOAD] Soal dan Kunci Jawaban UKG  Pedagogogik SD
[DOWNLOAD] Soal dan Kunci Jawaban UKG  Pengembangan Profesi Guru SD
[DOWNLOAD] Soal dan Kunci Jawaban UKG PTK  SD
[DOWNLOAD] Soal dan Kunci Jawaban UKG  Model Pembelajaran Inovatif SD
[DOWNLOAD] Soal dan Kunci Jawaban UKG  Pedagogik 2 SD 
[DOWNLOAD] Soal dan Kunci Jawaban UKG  SD File

Baca Juga : Tips Sukses UTN PLPG 2017

Demikian info yang kami bagikan mudah-mudahan bermanfaat, kami senantiasa memberikan info terbaru dan teraktual dari berbagai sumber yang terpercaya, jangan lupa selalu berkunjung ke www.jendelasekolah.net dan like fans page kami. Jika info ini berkesan silakan dibagikan pada link yang tersedia. Terimakasih.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA