Comments

Tips Lulus UTN 2017

Jendela Tips ~ Upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidikan salah satunya adalah program sertifikasi guru melalui pola PLPG. Guru dinyatakan lulus UKG / UTN  ada akhir PLPG jika memperoleh nilai 80, sementara guru yang belum memperoleh nilai 80 dapat mengikuti UKG / UTN Ulang paling banyak 4 kali  dalam waktu dua tahun setelah melakukan belajar mandiri tanpa mengikuti PLPG lagi.

Pada pelaksanaan PLPG 2016 yang mengikuti UTN sebanyak 50.453 (limapuluh ribu empatratus lima puluh tiga) peserta, sementara yang lulus UTN baru 9.030 (sembilan ribu tigapuluh) sedangkan yang belum lulus sebanyak 41.423 (empat puluh satu ribu empat ratus diapuluh tiga) peserta. Jika dilihat dari data tersebut  wajarlah jika peserta PLPG  kurang percaya diri bahkan sangat kawatir.

alt
Tips Sukses UTN 2017

Kurang percaya diri / pesimis itu adalah hal yang wajar bagi setiap orang, tetapi dengan membaca tips yang kami bagikan ini mudah-mudahan rasa pesimis yang bapak dan ibu guru rasakan menjadi rasa optimis / percaya diri yang membawa bapak ibu guru mencapai sebuah kesuksesan.

Kembali ke judul postng kali ini "Tips Lulus UTN 2017". Apakah Bapak dan Ibu guru adalah peserta PLPG atau UTN Ulang 2017?. Nah kalau Bapak dan Ibu guru adalah peserta silakan simak baik-baik tips sederhana yang kami bagikan ini mudah-mudahan bermanfaat.

Tips Lulus UTN 2017
1.  Segera miliki kisi-kisi UTN 2017
Kisi – kisi UTN 2017 tidak jauh dengan kisi – kisi UTN 2016. Pelajari dan fahami secara seksama kisi-kisi yang bapak dan Ibu miliki, karena soal UTN dikembangkan dari kisi-kisi UTN, jika belajar sendiri kurang cepat paham jangan malu-malu bertanya kepada teman seprofesi, teman yang sudah lulus PLPG atau siapa saja yang kita anggap mampu. Jangan merasa kalau bertanya itu akan merendahkan martabat kita.Ingat pepatah malu bertanya sesat di jalan he he he.

2. Pelajari Materi Pedagogik dan Profesional
Bapak dan Ibu guru pelaksanaan UKG / UTN Ulang 1 tanggal 25 – 29 April 2017, sedangkan untuk PLPG tanggal 1 Agustus – 30 nopember 2017. Berarti masih cukup waktu untuk segera belajar, sebaiknya mulai sekarang jangan tunda-tunda lagi untuk segera belajar dan terus belajar.  Dalam materi pedagogik dan professional biasanya soal sangat sulit. Untuk bisa menjawab soal tersebut bapak dan ibu guru harus benar-benar memahaminya.

3. Belajar mandiri melalui situs sertifikasiguru.id
Situs sertifikasiguru adalah wahana belajar mandiri bagi calon peserta PLPG, disitus tersebut terdapat berbagai fasilitas belajar dari jenjang PAUD sampai jenjang SMA lengkap dengan fasilitator/mentornya. Mulailah daftar dan dan belajar dari sekarang sebelum terlambat.

4. Belajar Komputer / Laptop
Tidak ada kata terlambat untuk belajar computer, biasanya kita akan merasa cemas, grogi, minder dan banyak lagi jenisnya  ketika dihadapkan dengan komputer / laptop. Karena kurang mahir atau tidak bisa mengoperasikannya, terkadang kegagalan bukan dari kurangnya menguasai materi UTN tetapi lebih disebabkan karena  gagal konsentrasi karena tidak fokus. Bahkan mungkin soalnya mudah karena kurang mahir komputer terkadang bisa juga salah pencet yang akan mengakibatkan fatal. Untuk itu semampang masih ada waktu lakukan perubahan itu.

5. Perasaan Percaya Diri saat UTN
Percaya diri pada saat UTN adalah faktor utama lulus UTN, salah satu cara menumbuhkan rasa percaya diri adalah dengan keyakinan yang tinggi bahwa bapak dan ibu guru mampu untuk mengerjakan soal UTN dengan benar, mampu mengoperasikan computer dengan baik dan pastikan bapak dan ibu guru  sudah belajar sesuai dengan kisi-kisi dan sudah belajar komputer serta membiasakan diri mengoperasikan komputera atau laptop. Nah dengan demikian untuk lebih percaya diri tentu belajar adalah hal yang utama. Dengan percaya diri maka anda akan lebih fokus pada soal yang akan dikerjakan.

6. Kerjakan Soal yang Mudah dulu dan Atur Waktu Efektif mungkin
Soal UTN terdiri dari 100 soal dengan tingkat soal yang berbeda-beda, sementara itu waktu yang dibutuhkan adalah 120 atau 2 jam, jadi setiap soal memerlukan waktu 1,2 menit, ketika bapak dan ibu guru menemukan soal yang sulit maka jangan sampai berhenti di situ, silakan teruskan dengan memilih berdasarkan perasaan dan keyakinan sambil lalu dicatat no soal yang sulit tersebut jika masih ada sisa waktu bisa di ulangi lagi setelah selesai. Asumsinya untuk soal yang mudah bisa diselesaikan dalam waktu 1 menit, sementara watu masih tersisa 0,2 menit, sisa 0,2 menit dikali jumlah soal yang mudah bisa untuk mengulangi lagi soal yang dianggap sulit tadi. Dengan demikian soal bisa terselesaikan semua dengan jawaban yang benar maka UTN LULUS.

6. Berdoa
Doa adalah bentuk pengagungan terhadap Allah dengan disertai keikhlasan hati serta permohonan pertolongan  yang disertai kejernihan nurani agar permintaan kita dikabulkan, Dengan doa yang khusuk dan ikhlas niscaya doa kita akan dikabulkanNya.

Baca Juga:

Demikian tips yang kami bagikan mudah-mudahan bermanfaat, kami senantiasa memberikan info terbaru dari berbagai sumber yang terpercaya, jangan lupa selalu berkunjung ke www.jendelasekolah.net dan like fans page kami. Jika info ini berkesan silakan dibagikan pada link yang tersedia. Terimakasih.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA