Comments

Mekanisme Penyusunan RPP

Dalam menyusun Rencana Pembelajaran (RPP) perlu mengikuti mekanisme atau langkah-langkah sebagai acuan sehingga RPP yang dihasilkan sesuai dengan harapan dan akan berimbas pada suksesnya pembelajaran yang dilaksanakan. Adapun langkah-langkah yang lazim yang telah diterbitkan dalam buku pelatihan kurikulum 2013 yang disempurnakan sebagai berikut;

a.       Mengkaji silabus  tematik meliputi: (1) KI dan KD; (2) materi pembelajaran; (3) proses pembelajaran; (4) penilaian pembelajaran; (5) alokasi waktu; dan (6) sumber belajar.

b.            Merumuskan indicator pencapaian KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.

Mekanisme Penyusunan RPP

c.        Mengembangkan materi pembelajaran. Materi pelajaran dapat berasal dari buku teks pelajaran (buku siswa) dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan local, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran regular, pengayaan dan remedial.

d.          Menjabarkan kegiatan pembelajaran yang ada pada silabus dalam bentuk yang telah operasional berupa pendekatan saintifik disesuaikan dengan kondisi siswa dan satuan guruan termasuk penggunaan media, alat, bahan, dan sumber belajar.

e.     Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan berdasarkan alokasi waktu pada silabus. Selanjutnya dibagi dalam kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.

f.       Mengembangkan penilaian pembelajaran dengan cara menentukan lingkup teknik, dan instrument penilaian, serta membuat pedoman penskoran.

g.            Menentukan strategi pembelajaran remedial segera setelah dilakukan penilaian.

h.     Menentukan Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar disesuaikan dengan yang telah ditetapkan dalam langkah penjabaran proses pembelajaran.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Post a Comment

PENGUNJUNG JENDELA